IO

Bacaan tambahan:

Masalah dengan purity

Ingat bahwa Haskell bersifat lazy dan juga pure. Ini mengakibatkan dua hal:

  1. Fungsi tidak boleh memiliki efek eksternal. Sebagai contoh, sebuah fungsi tidak bisa mencetak ke layar. Fungsi hanya bisa menghitung hasil.

  2. Fungsi tidak boleh bergantung pada hal di luar dirinya. Misalnya, tidak boleh membaca dari keyboard, sistem berkas, atau jaringan. Fungsi hanya boleh bergantung pada inputnya. Dengan kata lain, fungsi harus memberikan hasil yang sama untuk input yang sama setiap saat.

Tapi terkadang kita perlu melakukan hal-hal tersebut di atas! Jika di Haskell kita hanya bisa menulis fungsi untuk dievaluasi di ghci, maka tentu tak akan berguna banyak.

Di Haskell kita sebenarnya bisa melakukan semua itu, tapi terlihat sangat berbeda jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Tipe IO

Solusi dari masalah di atas ialah tipe khusus bernama IO. Nilai bertipe IO a adalah deskripsi dari komputasi yang memiliki efek. Dengan kata lain, jika dijalankan (mungkin) akan melakukan operasi I/O dan (pada akhirnya) menghasilkan nilai bertipe a. Ada tingkat indireksi di sini yang harus dimengerti. Nilai bertipe IO a dengan sendirinya adalah sesuatu yang tidak aktif tanpa efek samping. Itu hanyalah deskripsi dari sebuah komputasi dengan efek samping. Bisa dibayangkan tipe IO a merupakan sebuah program imperatif first-class di dalam Haskell.

Sebagai ilustrasi, misalkan kalian memiliki

c :: Cake

Apa yang kalian miliki? Tentu cake yang enak. Cukup sederhana.

Sebaliknya, jika kalian memiliki

r :: Recipe Cake

Apa yang kalian punya? Cake? Bukan. Kalian hanya memiliki instruksi (resep) untuk membuat cake, hanya selembar kertas dengan tulisan di atasnya.

Memiliki resep tak menghasilkan efek apapun. Hanya dengan memegang resep tidak akan menyebabkan oven menjadi panas, tepung berserak di lantai, dan lain sebagainya. Untuk menghasilkan cake, resep tersebut harus diikuti (yang akan menyebabkan tepung berserakan, bahan-bahan tercampur, oven menjadi panas, dsb).

Sama seperti di atas, nilai bertipe IO a hanyalah sebuah “resep” untuk mendapatkan nilai bertipe a (dan memiliki efek samping). Seperti nilai lainnya, dia bisa diberikan sebagai argumen, dikembalikan sebagai hasil dari fungsi, disimpan di struktur data, atau (yang akan segera kita lihat) digabungkan dengan nilai IO lain menjadi resep yang lebih kompleks.

Jadi bagaimana nilai bertipe IO a bisa dijalankan? Hanya satu cara: compiler Haskell mencari nilai spesial

main :: IO ()

yang akan diberikan ke sistem runtime dan dijalankan. Bayangkan sistem runtime di Haskell sebagai master chef, satu-satunya orang yang diizinkan untuk memasak.

Jika kalian mau resep kalian juga disertakan maka kalian harus membuatnya menjadi bagian dari resep besar (main) yang diberikan ke master chef. Tentunya main bisa menjadi kompleks, dan biasanya terdiri dari beberapa komputasi IO yang lebih kecil.

Untuk yang pertama kalinya, mari kita buat program Haskell yang executable! Kita bisa menggunakan fungsi

putStrLn :: String -> IO ()

yang jika diberikan sebuah String, akan mengembalikan sebuah komputasi IO yang akan (ketika dijalankan) mencetak String tersebut di layar. Kita cukup menulis ini ke sebuah file bernama Hello.hs:

main = putStrLn "Hello, Haskell!"

Mengetikkan runhaskell Hello.hs di command-line prompt menghasilkan pesan kita tercetak di layar! Kita juga bisa menggunakan ghc --make Hello.hs untuk menghasilkan berkas executable bernama Hello (atau Hello.exe di Windows).

Tidak ada String “di dalam” IO String

Banyak pemula di Haskell bertanya-tanya “Saya punya IO String, bagaimana cara mengubahnya menjadi String?”, atau “Bagaimana cara mengeluarkan String dari IO String?”. Dari penjelasan sebelumnya, jelas bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak masuk akal. Tipe IO String merupakan deskripsi komputasi, sebuah resep, untuk menghasilkan String. Tidak ada String di dalam IO String, seperti halnya tidak ada cake di dalam resep cake. Untuk menghasilkan String (atau cake yang lezat), kita perlu menjalankan komputasinya (atau resep). Dan satu-satunya cara untuk melakukannya ialah dengan memberikannya (mungkin sebagai bagian dari IO yang lebih besar) ke sistem runtime Haskell melalui main.

Menggabungkan IO

Sudah jelas kalau kita perlu sebuah cara untuk menggabungkan komputasi- komputasi IO menjadi satu komputasi yang lebih besar.

Cara paling sederhana untuk menggabungkan dua buah komputasi IO ialah dengan menggunakan operator (>>) (dilafalkan “and then”, terjemahan: “lalu” atau “kemudian”) yang bertipe

(>>) :: IO a -> IO b -> IO b

(>>) menciptakan sebuah komputasi IO yang terdiri dari menjalankan dua komputasi input secara berurutan. Perhatikan bahwa hasil dari komputasi pertama diabaikan. Kita hanya peduli terhadap efeknya. Sebagai contoh:

main = putStrLn "Hello" >> putStrLn "world!"

Ini tidak masalah untuk kode berbentuk “do this; do this; do this” di mana hasilnya diabaikan. Akan tetapi ini saja belum cukup. Bagaimana kalau kita tidak ingin mengabaikan hasil dari komputasi pertama?

Yang pertama kali terpikirkan mungkin dengan memiliki tipe seperti IO a -> IO b -> IO (a,b) akan memecahkan masalah. Ini pun belum cukup. Alasannya, kita ingin komputasi kedua bergantung terhadap hasil komputasi yang pertama. Misalnya kita ingin membaca sebuah integer dari pengguna, lalu mencetak bilangan tersebut ditambah satu. Dalam kasus ini, komputasi kedua (mencetak ke layar) akan berbeda dan bergantung pada hasil dari komputasi pertama.

Solusinya, dengan operator (>>=) (dilafalkan “bind”) yang bertipe

(>>=) :: IO a -> (a -> IO b) -> IO b

Ini mungkin akan sulit dimengerti pada awalnya. (>>=) menerima sebuah komputasi yang akan menghasilkan nilai bertipe a, dan sebuah fungsi yang akan melakukan komputasi kedua berdasarkan nilai bertipe a yang tadi dihasilkan. Hasil dari (>>=) adalah (deskripsi dari) sebuah komputasi yang menjalankan komputasi pertama, gunakan hasilnya untuk menentukan komputasi selanjutnya, lalu jalankan komputasi tersebut.

Sebagai contoh, kita bisa menulis program yang menerima bilangan dari pengguna dan mencetak suksesornya (ditambah 1). Perhatikan penggunaan readLn :: Read a => IO a yang merupakan komputasi yang membaca input dari pengguna, dan mengubahnya jadi tipe apapun selama merupakan anggota dari Read.

main :: IO ()
main = putStrLn "Please enter a number: " >> (readLn >>= (\n -> putStrLn (show (n+1))))

Tentu ini terlihat jelek. Nantinya kita akan mempelajari cara menulisnya dengan lebih baik.

Sintaks record

Materi ini tidak dibahas di kuliah tapi disediakan ekstra untuk mengerjakan tugas 8.

Misalkan kita memiliki tipe data seperti

data D = C T1 T2 T3

Kita juga bisa mendeklarasi tipe data tersebut dengan sintaks record sebagai berikut:

data D = C { field1 :: T1, field2 :: T2, field3 :: T3 }

di mana kita tidak hanya mendeskripsikan tipe tapi juga nama untuk tiap field yang terdapat di konstruktor C. D versi baru ini bisa digunakan sama seperti versi lamanya. Kita bisa membuat konstruksi dan mencocokkan pola terhadap nilai bertipe D seperti C v1 v2 v3. Selain itu, kita juga mendapatkan keuntungan tambahan.

  1. Tiap nama field secara otomatis merupakan fungsi proyeksi (projection function) yang mendapatkan nilai dari field tersebut di nilai bertipe D. Sebagai contoh, field2 ialah sebuah fungsi bertipe
~~~~ {.haskell}
field2 :: D -> T2
~~~~

 Sebelumnya kita harus membuat implementasi `field2` sendiri
 dengan menuliskan

~~~~ {.haskell}
field2 (C _ f _) = f
~~~~

 Ini menghilangkan banyak kode tambahan (*boilerplate*) seandainya
 kita memiliki tipe data dengan banyak *field*!
  1. Terdapat sintaks khusus untuk membuat, mengubah, and mencocokkan pola untuk nilai bertipe D (selain sintaks biasa).

    Kita bisa membuat membuat sebuah nilai bertipe D menggunakan sintaks seperti

~~~~ {.haskell}
C { field3 = ..., field1 = ..., field2 = ... }
~~~~

 dengan `...` diisi dengan ekspresi bertipe tepat. Perhatikan bahwa
 kita bisa deskripsikan *field*-nya dengan urutan bebas.

 Jika kita memiliki sebuah nilai `d :: D`. Kita bisa *mengubah* `d`
 menggunakan sintaks seperti

~~~~ {.haskell}
d { field3 = ... }
~~~~

 Tentu yang dimaksud "mengubah" di sini bukan *mutating* `d`, tapi
 membuat nilai baru bertipe `D` yang sama persis seperti `d` kecuali
 `field3` yang nilainya tergantikan dengan nilai baru.

 Akhirnya, kita bisa *mencocokkan pola* pada nilai bertipe `D` seperti
 berikut:

~~~~ {.haskell}
foo (C { field1 = x }) = ... x ...
~~~~

 Ini hanya mencocokkan *field* `field1` dari nilai bertipe `D`,
 dengan menyebutnya sebagai `x`, mengabaikan *field* lainnya. (Tentu
 `x` di sini hanya contoh, kita bisa mencocokkan dengan pola apapun).